Skip to content

Tips cara membuat Artikel Pilar untuk blog

Juli 12, 2013

Tips cara membuat Artikel Pilar

<250 x250>Jika kita perhatikan blog-blog yang ramai pengunjungnya, banyak faktor yang menyebabkannya, slah satunya adalah faktor Konten Artikelnya. Konten artikel blog yang ramai pengunjung biasanya selalu fresh, dalam 1 minggu, paling tidak ada 1 artikel baru. Selain faktor arikelnya yang selalu ter-uptudate, ternyata blog yang ramai pengunjung juga memiliki banyak ‘artikel pilar‘

. Ya, artikel Pilar adalah salah satu kunci dari ramainya sebuah blog di kunjungi pembaca.

Artikel Pilar” merupakan konten artikel yang berisi informasi penting dan disajikan dengan lengkap dan mendalam, original, menarik sesuai dengan topik blog sehingga disenangi oleh pengunjung blog tersebut. Dapat dikatakan, bahwa Artikel Pilar adalah artikel-artikel dasar dan utama dari suatu blog. Oleh karena konten “Artikel Pilar”-lah, maka pengunjung memiliki alasan kuat untuk membaca blog kita.

Artikel pilar memiliki niai jual yang tinggi kepada pembaca kita karena value/ manfaatnya. Ciri-ciri artikel Pilar:

  • Konten artikel pilar lebih panjang dari artikel lainnya, bisanya sekitar 750-1.000 kata
  • Berisi informasi yang sangat bermanfaat bagi pembaca blog
  • Berisi konten abadi  (Bukan berita)
  • Poin-poin yang dibahas agak spesifik
  • Biasanya, artikel pilar mendapat banyak backlink dari blog lainnya (karena informasinya yang bermanfaat).

Adanya artikel-artikel pilar pada sebuah blog, merupakan artikel-artikel utama yang mengundang pengunjung, oleh karena itu, seyogyanya setiap blogger berusaha membuat artikel-artikel pilar untuk meningkatkan traffik pengunjung.Artikel-Pilar  Gambaran Artikel Pilar sebuah web Manfaat utama dari Artikel Pilar adalah artikel tersebut akan menarik lebih banyak pembaca secara terus menerus, yang kemungkinan akan membuat blog lain memberikan rujukan (baclink) ke artikel tersebut dan efek secara umum adalah bahwa blog tersebut dianggap bermanfaat, baik oleh pengunjung (Manusia) maupun oleh bot (spider situs pencari). Ada beberapa cara/ langkah membuat suatu artikel pilar, yaitu:

  • Menentukan tema artikel, setelah itu, cari bahan pendukung atau referensinya.
  • Membuat sub-sub pembahasan.
  • Lebih baik jika ada gambar sebagai ilustrasi atau penambah informasi.
  • Untuk kata kunci yang ditargetkan, beri bold atau underline, karena dianggap lebih penting.
  • Baca ulang, edit dan beri penambahan yang penting sebelum artikel tersebut di posting.

Lalu, jika saya ingin membuat ARTIKEL PILAR, bagiaman caranya? apa yang harus saya tulis? berikut beberapa Tips cara membuat artikel pilar:

1. Artikel yang berisi “tips” atau “How to” Artikel ini merupakan salah satu pikiran utama dari blog anda. Berisi tips dan trik. Artikel harus spesifik, unik dan dibahas secara mendalam. Contohnya: Jika blog anda berniche “marketing”, jangan tulis: Tips marketing, tetapi lebih sepesifik lagi misalnya: Bagaimana membangun merek yang super? atau jika anda seorang petani cabe, dapat menulis: bagaimana menanam cabe dengan sistem hidroponik? atau bagaimana beternak Lele Sangkuriang di pekarangan sempit dengan sistem kolam terpal?
2. Artikel tentang “definisi” atau suatu “pengertian” Tulislah suatu artikel yang berisi arti definisi tentang sesuau dan pengertiannya secara lengkap. Perhatikan juga apa yang ditulis oleh Wikipedia. Misalnya Definisi dari : “Management”, tuliskan pendapat pakar tentang hal tersebut. Atau tentang “Micro ekonomi”, Definisi “pertumbuhan”, dan lain sebagainya. 3. Artikel yang berisi opini atau pendapat. Blog merupakan media bagi setiap insan, dimana ia dapat mengungkapkan pendapat atau opininya sendiri. Mungkin anda memiliki pendapat sendiri tentang teori marketing? misalnya tentang: Mana yang lebih memperngaruhi konsumen, apakah beli 2 gratis 1, atau 3 pcs Rp 100.000 atau Discount 30% ? anda tentu memiliki pendapat sendiri dan unik untuk didiskusikan.
4. Artikel yang berisi ebook gratis atau free report Anda punya pengalaman tentang sumber-sumber penghasilan dari Internet? tuliskan pengalaman anda dalam bentuk laporan (free Report), plus dan minusnya, serta panduannya, serta hal-hal yang harus dihindari maka hal itu akan memberi manfaat bagi banyak orang.
5. Artikel yang berisi “DAFTAR” ini sangat menarik dan biasanya di bookmark oleh pengunjung, misalnya: daftar direktori web indonesia yang berkualitas, daftar iklanbaris yang berkualitas, daftar dofollow blog, daftar 50 PTC bukan scam, dan lain sebagainya.
6. Artikel teknis Artikel ini berisi panduan atau langkah. Misalnya: panduan merakit komputer sendiri, panduan menginstal program komputer, dan lainnya dimana dapat disisipkan gambar untuk memperjelasnya. Perlu disadari, bahwa pembuatan artikel pilar memerlukan waktu dan tenaga yang banyak. sebuah artikel pilar mungkin memerlukan penelitian tambahan tentang suatu topik atau karena berkaitan dengan dengan topik sub bagian, dan bisa jadi sebuah artikel pillar dapat diselesaikan lebih dari satu minggu. Pembuatan artikel pilar memang menguras energi, tapi efek yang dihasilkan juga sebanding bahkan lebih. Dengan adanya artikel pilar, kredibilitas blog akan semakin kuat dan tentu saja artikel pilar akan meningkatkan jumlah pengunjung dalam jangka panjang. Pembaca yang merasakan manfaat artikel pilar tersebut, mungkin akan melakukan bookmark blog/ halaman tersebut, atau berlangganan feednya atau mungkin saja pengunjung tersebut akan menuliskan url blog anda pada catatan kertas untuk dikunjungi dilain waktu.

From → Artikel

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: