Skip to content

Cara memilih kata kunci yang benar dan tepat

Juli 7, 2013

tidak dapa di pungkiri lagi kata kunci adalah salah satu sarana yang penting untuk meningkatkan pengunjung blog, tapi bagaimana kalau kata kunci yang kita pilih kurang tepat? benar, maka hasilnya pun juga kurang maksimal, maka dari itu saya di sini akan memberikan beberapa tips untuk mencari kata kunci yang tepat, sehingga pengunjung di blog kita pun akan maksimal. tapi sebelumnya saya akan memberikan beberapa artikel saya yang sudah lawas. di amtaranya : cara mendapatkan backlink gratis tanpa batas, Bungkus rokok yang bisa bicara, Valentino rossi bangkit dan menjuarai perlombaan di assen, Keutamaan bulan ramadhan

bagi yang sudah tidak sabar bisa di simak di bawah:

Ini adalah langkah pertama sekaligus langkah terpenting dalam memulai atau membangun situs Anda. Cara ini tujuannya adalah menemukan atau meriset sebuah kata kunci yang berpotensi mendatangkan banyak trafik kedalam situs kita tetapi masih sedikit kompetisi disana, sehingga teknik SEO kita nanti tidak akan terlalu sulit. Untuk me-riset sebuah kata kunci saya menggunakan google keyword tools external.
1. Pertama saya akan buka Google keyword Tools External

Capture12
2. Jika Anda mempunya Akun google, silakan sign-in terlebih dahulu. kemudian selanjutnya saya akan menentukan niche yang akan saya targetkan. Untuk menentukan niche, anda bisa memulainya dari sesuatu yang anda ketahui atau apa yang menjadi hobby Anda terlebih dahulu. Disini saya akan memilih niche “membuat blog”. Karena menurut saya untuk “blog” sendiri adalah sesuatu yang bersifat Online, artinya setiap orang yang akan mencari sesuatu tentang “blog atau membuat blog” kemungkinan besar mereka akan mencarinya di search engine.Capture13

3.Kemudian saya klik bagian “advance option & Filter”. Lalu saya pilih untuk Locations > Indonesia dan Language > Indonesia ( karena yang saya bidik market local )

Capture14

4. Pada bagian “filter” saya setting Global Monthly Searches > 500 (karena saya mau trafik yang lumayan banyak dari search engine). Kemudian saya klik “search”

Capture14

5. Selanjutnya Google akan memberikan saya ide-ide (Keyword Ideas) untuk saya pilih sebagai keyword blog saya nantinya.

Capture15

6. Langkah selanjutnya, saya akan pilih 10 – 15 kata kunci yang diberikan google tersebut, dengan cara saya check/centang untuk kata kunci yang saya akan pilih.

Capture16

7. Setelah saya memilih 10 buah kata kunci yang diberikan google, saya download terlebih dahulu kata kunci yang saya pilih/centang tadi. Kemudian saya simpan dalam CSV file.Setelah file didownload lalu file tersebut saya buka dan saya copy kata kunci yang saya download tadi.

Capture16b

8. Selanjutnya setelah saya copy, kata kunci tersebut saya paste kembali kedalam kotak “word or phrase” untuk saya riset lagi kata kunci tersebut.

Capture18

9. Saya pilih Match Types pencarian menjadi tipe [Exact].

Capture19

10. Selanjutnya akan ada perubahan pada kotak “search term”. Pada bagian ini saya akan filter lagi keyword-keyword tersebut sehingga saya mendapatkan keyword yang memiliki potensi trafik yang tinggi dan kompetisi yang masih bisa untuk saya bersaing dengan cepat menggunakan teknik SEO saya nanti.

Capture20

11. Disini saya mempunyai batasan-batasan didalam menentukan atau memilih sebuah keyword, Anda juga bisa gunakan cara ini.

Capture21

12. Jadi keyword yang saya pilih tadi akan saya filter lagi berdasarkan keyword funneling rules diatas. Cara nya saya buka terlebih dahulu google.co.id (karena saya bidik market local). Kemudian saya paste keyword yang akan saya analisa. Disini saya pilih “panduan membuat blog”

Capture22

 

13. Dari hasil pencarian untuk tipe “broad” menunjukan nilai 3.350.000. nilai ini masih masuk untuk peraturan pertama saya yaitu broad keyphrase < 5.000.000.

Capture23

14. Saya lanjut lagi untuk peraturan kedua yaitu Exact Keyphrase < 1.000.000, dan pencarian Exact untuk kata kunci “panduan membuat blog” menunjukan nilai 220.000, dan syarat ini juga memenuhi dari peraturan tersebut.

Capture24

15. Selanjutnya saya lakukan filter lagi untuk keyword intitle, karena saya ingin tau berapa banyak yang menggunakan keyword tersebut di title page atau title blog nya. Sesuai peraturan diatas keyword intitle saya batasi harus < 50.000. dan hasil pencarian menunjukan nilai 11.700, jadi syarat ini juga memenuhi ( < 50.000 ).

Capture25

16. Saya juga ingin tau berapa banyak yang menggunakan keyword tersebut pada domain ataupun Url nya. Dan hasil pencarian saya menunjukan nilai 7.630 untuk keyword inurl, hasil ini juga memenuhi syarat yaitu < 25.000.

Capture26

17. Dan yang terakhir saya juga akan mencari tau berapa banyak yang menggunakan keyword “panduan membuat blog” pada title dan url nya,, dan hasil pencarian menunjukan nilai 5.980, hasil ini memenuhi persyaratan saya diatas yaitu < 10.000.

Capture27

18. Setelah melakukan beberapa filtering diatas maka untuk keyword ”panduan membuat blog” telah sesuai dengan kriteria keyword yang saya inginkan, yaitu memiliki potensi trafik yang tinggi dan kompetisi yang bisa untuk saya bersaing disana. Sekian dulu postingan pa da hari ini mengenai cara memilih kata kunci yang benar dan tepat

From → Artikel

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

