Skip to content

WAO bungkus rokok bisa bicara

Juli 1, 2013

4FfX1uYYzJ

Tim peneliti dari Centre for Tobacco Control Research di Stirling University, Inggris mengembangkan teknologi yang memungkinkan kemasan rokok dapat berbicara. Adalah TALK yang berfungsi untuk menggertak perokok tentang kebiasaan tidak sehatnya tersebut.

Mereka menguji perangkat yang memiliki dua pesan rekaman yang berbeda kepada beberapa remaja wanita berusia antara 16 sampai 24 tahun. Pesan rekaman ini akan diputar setiap kali penutup kemasan rokok dibuka.

Adapun isi pesan itu bernada nasehat untuk para perokok, terutama remaja perempuan agar dapat berhenti merokok dan mengingatkannya tentang bahaya merokok yang dapat mengurangi kesuburan. Beberapa relawan yang mendengarkannya tergerak untuk berpikir ulang mengenai bahaya merokok, tapi tidak sedikit juga dari mereka yang justru merasa terganggu dengan isi pesan itu. Demikian dikutipMirrors, Senin (1/7/2013).

Meski demikian, komentar miring tidak menciutkan niat para peneliti untuk terus mengembangkan inovasinya ini. Mereka menyadari bahwa setiap perubahan kecil pada kemasan akan membutuhkan undang-undang baru.

sumber

From → Artikel

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: